Gempa di Sumatra

12 September 2007 — Sekitar jam 18.10 WIB terjadi gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang Bengkulu dan sekitarnya. Waktu itu gw masih di kantor sama Felis. Rencanya baru mau pulang sekitar jam 7. Felis kirim chattingan via YM, “barusan ada gempa”, tapi gw baru bacanya 15 menit kemudian. Kaget juga baca chattingan, soalnya gw tidak merasakan adanya gempa sama sekali. Padahal gw lagi duduk manis di depan komputer.

Ternyata pusat gempa ada di sekitar 159 km barat daya Bengkulu. Gw dan Felis cepat-cepat menghubungi anak-anak lapangan di Bengkulu, Riau dan Padang. Tapi sampai setengah jam belum juga bisa nyambung ke salah satu dari mereka. Akhirnya gw kirim sms ke mereka semua… tinggal tunggu aja balasannya. Mudah-mudahan mereka semua dalam keadaan baik-baik. Sementara itu Felis masih rajin coba untuk dial nomor telepon anak-anak di lapangan, sampai jarinya keriting. Hihihi…

Tak lama kemudian, Akim, Provincial Manager dari Bengkulu telepon ke hp gw. Menurut Akim, guncangannya sangat kencang sampai terdengar suara gemuruh seperti suara pesawat. Orang-orang panik dan berhamburan keluar. Setelah Akim menelepon, beberapa field officer kirim sms satu persatu, mengabarkan bahwa mereka baik-baik saja. Termasuk field officer yang ada di Riau dan Padang yang juga mengalami gempa sebagai imbas gempa Bengkulu. Masyarakat di Padang juga panik dan mereka segera keluar rumah. Banyak diantara mereka yang lari ke tempat yang lebih tinggi karena dikabarkan gempa ini berpotensi tsunami. Dilaporkan banyak bangunan yang rusak. Dilaporkan ada beberapa korban jiwa yang meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Akhirnya setelah menelepon ke sana-sini, gw dan Felis pulang, tepat pukul jam 9.15 malem. Perut rasanya laper, tapi kalau makan dulu pasti pulangnya kemaleman. Tapi begitu sampai rumah, males makan juga dan langsung tidur. Pagi ini harus bagun sebelum subuh untuk puasa sahur. Mudah-mudahn puasa kali ini diberi kekuatan dan berkah yang melimpah, walaupun awal bulan puasa ini sudah diberi cobaan berupa gempa bumi.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

2 responses to “Gempa di Sumatra

Leave a Reply

